Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Memanfaatkan Strategi Marketing Untuk Memenangkan Persaingan

Wednesday, 12 June 19
admin
admin

Dalam dunia bisnis sangat dibutuhkan strategi marketing yang terbukti berhasil supaya laba bisnis tersebut meningkat drastis. Bisnis tanpa marketing seperti anak ayam yang kehilangan induknya, bisnis akan kocar kacir dibuatnya.

Ada yang mengatakan bahwa marketing adalah beban pengeluaran bagi perusahaaan, pendapat itu keliru marketing adalah investasi. Marketing adalah investasi dikarenakan apabila biaya marketing kita 1 juta dan keuntungan yang diperoleh 2 juta maka investasi marketing kita menghasilkan keuntungan 1 juta.

Ada banyak strategi marketing yang baik digunakan di segala situasi dan segala bisnis. Ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Anda harus bisa memilih strategi marketing yang terbukti berhasil dan menghasilkan laba bagi suatu bisnis. Ada beberapa cara supaya strategi marketing Anda lebih bagus lagi sehingga membuat bisnis anda memenangkan persaingan yang semakin ketat ini antara lain :

1. Pilih lokasi yang strategis

Walaupun zaman sudah moderen tetapi prinsip pilih lokasi yang tepat adalah pilihan yang elok. Dengan strategi marketing yang baik di tunjang dengan lokasi yang strategis akan mendongkrak penjualan pada bisnis Anda. Coba tengoklah Mcdonald yang memiliki berbagai gerai di dunia yang sangat mahir dalam menentukan restorannya.

Sebagian besar lokasi yang dipilih burger mcdonald strategis misal di jantung pusat kota, tempat khalayak ramai. Memilih lokasi yang strategis juga di jalankan oleh indomaret yang selalu di tiru oleh rival abadi mereka yaitu alfamart. Apabila anda akan menjalankan bisnis dan kesulitan dalam memilih tempat mana yang pas, cukup anda bangun di dekat indomaret maka akan ramai.

2. Gunakan internet marketing

Strategi marketing anda akan lebih ampuh dengan bantuan dunia internet. Kita ketahui bahwa di indonesia kemudahan dalam mengakses dunia internet lebih mudah. Dengan dibangunnya secara masiv oleh pemerintah berbagai infrastruktur internet membuat pengguan internet indonesia menjadi lebih berbahagia.

Dengan strategi marketing yang telah disusun secara baik oleh Anda, akan menjadi lebih ampuh bila ditambah dengan pemasaran di dunia maya yang memiliki pelanggan yang potensial dan jangkauan lebih luas lagi. 

Baca Juga: Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Kuliner?

3. Usahakan tepat target market

Ini penting sekali dalam menunjang kesuksesan strategi marketing pemasaran bisnis Anda. Target market ibarat kata seperti ikan di kolam, bila ikan sudah digiring ke kolam dan dalam keadaan lapar pasti anda akan bisa mendapatkan pelanggan yang potensial untuk anda.

Anda bisa melihat di internet mana pelanggan yang potensial yang akan membeli produk dan jasa Anda. Melalui dunia digital yang lebih canggih, Anda akan mendapatkan pelanggan potensial dengan sangat mudah dengan bantuan vendor internet yang berbayar seperti facebook ads, instagram dan platform lainnya.

4. Jalin hubungan bak dengan pelanggan

Kita tahu mengapa banyak perusahaan besar memiliki pelanggan setia dan penjualan terbanyak. Dengan menjalin hubungan baik dengan para pelanggannya maka perusahaan terebuta tumbuh dengan pesatnya. After sales yang baik menjadi pilihan banyak orang dikarenakan mereka layaknya diperhatikan sampai akhir hayatnya.

Dengan selalu menjalin hubungan baik dengan pelanggan dengan strategi marketing yang baik adalah combo mematikan dalam memenangkan persaingan bisnis.

5. Selalu fokus pada target

Target adalah suatu hal penting dan wajib dibuatkan papan monitoring supaya lebih fokus lagi. Dengan adanya target maka Anda akan fokus 100% dalam bisnis yang anda jalankan. Berikan target jangka pendek, menengah dan jangka panjang pada bisnis anda supaya lebih fokus dalam menggapai target.

Di era yang semakin maju dengan terbukanya informasi dimana-mana, strategi marketing yang baik akan membuat produk anda memiliki nilai tambah. 5 strategi marketing diatas bisa Anda coba supaya nilai tambah produk anda semakin baik lagi.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print