Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Keuntungan Menggunakan Marketplace untuk Penjual dan Pembeli

Wednesday, 12 June 19
admin
admin

Marketplace e-commerce bukan merupakan fenomena baru. Ada Amazon, Walmart, eBay, Jet, Wayfair, dan masih banyak lagi contoh yang bisa Anda lihat. Berbagai marketplace e-commerce ini menjadi bisnis jutaan dolar dengan cara menghubungkan penjual pihak ketiga dengan konsumen potensial mereka. Melihat tingginya antusiasme para pebisnis memasarkan produk mereka di marketplace, pastinya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari sana. Apa sajakah itu? Simaklah di bawah ini. Apa pun peran yang anda pilih – sebagai operator, media, maupun penjual, pasti ada keuntungan yang bisa diambil.

Keuntungan untuk Pihak Perusahaan

1. Tidak perlu inventaris dan tanggung jawab untuk merawat produk

Dengan sistem penjualan di marketplace, Anda sebagai operator tidak perlu mengurus inventaris sehingga hal ini akan mengurangi beban pekerjaan Anda.

Penjualan barang-barang bisa dipercayakan kepada setiap penjual, dan peran Anda hanyalah sebagai perantara dengan tujuan utama memasarkan produk mereka.

2. Pilihan produk yang lebih beragam.

Melalui platform e-commerce yang sudah tersedia seperti Shopify, WooCommerce, dan BigCommerce, kesulitan melakukan coding dalam membangun sebuah marketplace bisa diatasi.

Memiliki pilihan produk yang luas tanpa harus direpotkan dengan berbagai aktivitas seperti mengunggah gambar, menulis deskripsi produk, dan lainnya akan menjadi keuntungan tersendiri dalam menjadi operator marketplace. Karena tidak harus mengurus inventaris, Anda bisa menawarkan lebih banyak produk kepada konsumen potensial.

3. Peran konsumen yang lebih mendalam, target lebih tepat sasaran, dan segmentasi pasar.

Mengatur sebuah marketplace yang memiliki ratusan , ribuan, bahkan jutaan produk akan memberi kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen di platform Anda, menjalankan berbagai macam analisis segmentasi konsumen, merancang strategi penargetan yang lebih baik, dan pada akhirnya memahami para konsumen serta mengetahui apa yang mereka inginkan.

Keuntungan untuk Media

1. Semakin banyak monetisasi yang bisa dilakukan karena penjualan produk secara online.

Berbagai media promosi kesulitan menjaga para pelanggan kembali ke situs mereka karena tentunya pelanggan dari mana-mana telah menerima terlalu banyak informasi dari banyak pihak.

Untuk menjaga kesetiaan konsumen dan meningkatkan nilai branding Anda, perlu disediakan informasi dan layanan yang unik karena hal itu akan membuat konsumen bertahan lebih lama di situs Anda.

Meskipun Anda cukup percaya diri dengan kemampuan sendiri, masih diperlukan adanya tim yang khusus menangani marketplace karena di tangan orang yang berpengalaman, tentu semua akan berjalan lebih lancar. 

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Bisnis Marketplace

2. Keuntungan yang lebih besar.

Semakin banyak kunjungan ke suatu situs halaman berarti semakin banyak juga pendapatan. Kebanyakan bisnis mengkombinasikan penjualan produk dengan pengiklanan, sehingga pendapatan bisa maksimal.

3. Diversifikasi bisnis.

Bagi seorang retailer, semakin banyak produk yang ditawarkan berarti semakin luas pasar yang bisa dijangkau. Bagi sebuah perusahaan berbasis media yang ingin meningkatkan penjualan produk online, memiliki marketplace online tentu berarti penghasilan tambahan dan diversifikasi bisnis.

4. Peningkatan loyalitas pelanggan.

Yang satu ini sulit ditentukan karena loyalitas pelanggan bisa berubah dan banyak faktor yang bisa memengaruhinya seperti kualitas produk dan barang, pilihan produk, harga yang ditetapkan, pelayanan konsumen, dan beberapa faktor lainnya. Namun, jika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan peningkatan loyalitas pelanggan.

Keuntungan untuk Retailer

1. Peningkatan pesanan dan nilai jual

Operator marketplace bisa meningkatkan pilihan produk tanpa menambah beban yang harus disimpan di inventaris, dan sistem ini bisa meningkatkan jumlah pesanan masuk. Sebagai hasilnya, hasil penjualan pun juga akan meningkat.

2. Kesempatan menjual ke berbagai pihak.

Dengan memasarkan produk di marketplace, suatu retailer akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memasuki pasar yang beraneka ragam.

3. Lingkungan pengujian yang aman.

Di suatu marketplace, suatu retailer bisa memastikan kebutuhan pasar akan suatu produk tanpa banyak risiko. Dengan adanya data ini, retailer bisa membuat rencana ke depan yang paling efektif serta keputusan yang tepat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print