Penulis: Rininta Oktaviana

Software Akuntansi Koperasi; Telaah Manfaat Software

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 23 August 2021

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh ke seluruh sektor kehidupan, termasuk koperasi. Inovasi teknologi terbaru yang bermanfaat untuk kegiatan koperasi yaitu adanya software akuntansi koperasi. Dengan adanya software tersebut, maka akan membantu proses kinerja dari sebuah koperasi.

Software tersebut mempunyai beberapa fungsi yang dapat mengatasi kegiatan akuntansi koperasi. Lantas, apa sajakah fungsi-fungsi software untuk akuntansi tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Software Akuntansi Koperasi

software-akuntansi-koperasi

Koperasi Peternakan Bandung Selatan (Sumber: Wikipedia.org)

Jika sebuah koperasi menggunakan software ini, maka tidak akan rugi karena bisa membantu segala proses kebutuhan akuntasi untuk menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat. Nah, jika Anda penasaran apa saja fungsi-fungsinya, yuk langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

1. Pencatatan Transaksi

Fungsi software akuntansi koperasi yang pertama yaitu sebagai pencatat transaksi. Koperasi yang baik adalah koperasi yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.

Nah, dengan menggunakan software ini, maka pencatatan transaksi koperasi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, bahkan transaksi donasi koperasi. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.

2. Menyusun Laporan Keuangan

software-akuntansi-koperasi-untuk-menyusun-laporan-keuangan

Software Akuntansi Koperasi untuk Menyusun Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Selain berfungsi untuk pencatatan transaksi, software akuntasi koperasi juga berfungsi untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyususn laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.

Namun, jika Anda  menggunakan software akuntansi, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, pembukuan koperasi serba usaha menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Mengatur Dana Pinjaman Anggota Koperasi

Dalam sebuah koperasi, memang tidak jarang terdapat anggota yang melakukan pinjaman. Oleh karena itu, mengatur dana pinjaman untuk anggota akan menjadi lumayan rumit jika menggunakan cara manual.

Namun, jika Anda menggunakan software ini, maka akan memudahkan koperasi dalam mengatur dana pinjaman anggota. Tidak hanya mudah, fitur ini juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan pinjaman.

4. Mengatur Sisa Hasil Usaha Koperasi

mengatur-sisa-hasil-usaha-koperasi

Dengan Software Akuntansi Koperasi Menghitung SHU Jadi Lebih Mudah (Sumber: Unsplash.com)

Sisa Hasil Usaha (SHU) dalam suatu koperasi adalah pendapatan dari koperasi tersebut. Nilai atau besaran dari SHU yaitu pendapatan dari satu tahun buku koperasi yang dikurangi dengan jumlah biaya, penyusutan, dan kewajiban yang lain.

Dengan menggunakan software akuntansi koperasi, maka menghitung sisa hasil usaha SHU menjadi lebih mudah. Menghitung hasil SHU menjadi lebih mudah karena dilakukan dengan sistem software yang memberikan perhitungan akurat.

5. Mencatat Pengeluaran Transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan dalam koperasi snagat penting untuk membuat laporan, contoh analisis laporan keuangan. Dengan menggunakan software ini, maka pencatatan pengeluaran transaksi tidak perlu Anda lakukan secara manual. Hal ini karena software tersebut secara otomatis akan mencatat dan membukukan semua transaksi, sehingga memudahkan pekerjaan.

Rekomendasi Software Akuntansi Koperasi Terbaik

Nah, setelah mengetahui manfaat software akuntansi koperasi di atas, berikut rekomendasi software akuntansi untuk koperasi dan jenis usaha lainnya yang bisa Anda coba.

1. Beeaccounting

software-akuntansi-desktop-beeaccounting

Software Akuntansi Berbasis Desktop Beeaccounting

Rekomendasi software akuntansi koperasi yang pertama yaitu Beeaccounting. Beeacconting adalah software akuntansi offline yang berbasis desktop.  Software akuntansi offline ini adalah satu-satunya yang bisa melakukan 47 plugin berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Contoh bidang usaha yang tersedia yaitu koperasi, retail, distributor, bengkel, restoran, pabrik, grosir dan masih banyak lainnya. Software ini sangat stabil, powerful, dan fleksibel, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi error atau terjadi kebocoran privasi dan semacamnya, karena itu semua terjamin tidak akan terjadi.

Pihak Beeaccounting juga menyediakan garansi uang kembali setelah 30 hari percobaan. Jadi, Anda bisa mengklaim uang kembali 100% setelah penggunaan kurang dari 30 hari jika ternyata software ini tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan Beeaccounting

Kelebihan-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Software Akuntansi Beeaccounting Memiliki 47+ Plugin

Kelebihan yang pertama dari software ini adalah tersedia pilihan yang fleksibel untuk mengakomodasi setiap jenis usaha Anda karena tersedia sebanyak 47 pugin. Selain itu, kelebihan lainnya adalah Anda hanya perlu sekali bayar jika ingin menggunakan software akuntansi online ini. Anda juga bisa membuat banyak user dan databsae serta unlimited user dalam satu komputer.

Selain itu, sofware ini juga bisa Anda gunakan di banyak PC melalui Wifi lokal tanpa jaringan inernet. Tidak hanya itu, keuntungan lainnya jika Anda menggunakan software akuntansi koperasi ini adalah datanya tersimpan secara offline, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki koneksi internet yang kurang stabil. Selain bisa bekerja tanpa menggunakan koneksi internet, data akuntansi usaha Anda bisa Anda pegang sendiri.

Support-Profesional-Beeaccounting

Support Profesional dari Software Akuntansi Beeaccounting

Bagi Anda yang kurang paham menggunakan software akuntansi ini, jangan khawatir karena tersedia  Profesional Support yang selalu siap membantu Anda. Semua tim sudah terlatih melalui proses ujian internal dan training. Anda dapat menghubungi profesional support tersebut via chat web, 7 line telepon dan email support.

Kelebihan yang terakhir adalah software akuntansi ini sudah teruji stabil sejak tahun 2010. Setiap ada fitur baru, pihak Beeaccounting selalu mengecek ketat oleh QC & testing internal sebelum software rilis. Selain itu, terdapat puluhan ribu user aktif yang ikut menguji ketika ada fitur terbaru. Pihak Beeaccounting juga selalu memproses patch/bugfix yang Anda laporkan dengan segera mungkin.

Fitur-fitur di Beeaccounting

fitur-backup-data-pada-beeaccounting

Selain kelebihan dari software akuntansi koperasi ini, Anda mungkin juga penasaran tentang fitur apa saja yang tersedia. Fitur-fitur yang tersedia di Beeaccounting di antaranya yaitu stok klop, cashflow, piutang aman terkontrol, kontrol uang masuk dan keluar, laporan keuangan, kontrol karyawan, dan tertib pajak.

2. Beecloud

software-akuntansi-cloud-beecloud

Software Akuntansi Online Berbasis Cloud Beecloud

Rekomendasi software akuntansi koperasi yang kedua adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi yang terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran koperasi dan bisnis lainnya.  Dengan menggunakan software ini, maka Anda bisa mengontrol banyak cabang koperasi tanpa harus mondar-mandir.

Semua data juga terpusat secara online & realtime dan tergabung menjadi data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Data-data yang tercatat ke dalam software yaitu seperti data kas, stok, pembelian, penjualan, hutang piutang, serta pengeluaran biaya-biaya lainnya.

Karena semua cabang koperasi serba usaha bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan software ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.

Aman-Transparan-Saat-Audit-Beecloud

Aman dan Transparan Saat Audit

Menggunakan software akuntansi koperasi ini juga membuat koperasi aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa kontrol koperasi kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Dashborad di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat waktu karena tidak perlu telepon kanan-kiri dan nunggu lama.

Baiklah, sekian penjelasan tentang manfaat dan rekomendasi software akuntansi koperasi yang dapat memudahkan segala pekerjaan akuntansi.

Software-Akuntansi-untuk-Koperasi

Software Akuntansi Terintegrasi dari Bee.id
  Memilih software akuntansi terintegrasi bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan oleh beragam faktor. Masifnya perkembangan teknologi perangkat lunak […]
Baca Juga
Aplikasi Pembukuan Sederhana yang Cocok untuk Bisnis Anda
Lebih dari 8 juta pelaku usaha yang tersebar di Indonesia, baru kurang lebih 3 juta diantaranya yang terjun ke dunia […]
Baca Juga
Harga Software Kasir Cafe dan Resto Terbaru Tahun 2021
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih harga software cafe atau sejenisnya. Software kasir merupakan kebutuhan operasional yang […]
Baca Juga
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Waktu Kerja
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Copyright © 2021 Bee.id
magnifiercrossmenu