Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tips Mengoptimalkan Penjualan dengan Marketplace

Wednesday, 12 June 19
admin
admin

Untuk pebisnis pemula yang memanfaatkan platform seperti eBay, Amazon, atau Rakuten, mungkin prosesnya masih terasa membingungkan. Seringkali, pebisnis harus menerapkan suatu pola pikir baru, bahkan model bisnis yang berbeda untuk membuat sebuah bisnis menjadi sukses. Di bawah ini, Anda bisa menemukan berbagai cara untuk meningkatkan visibilitas produk dan kemungkinan sukses.

1. Optimisasi penampilan konten.

Meskipun Anda menjual produk yang diproduksi secara massal, mulailah bisnis penjualan online dengan konten yang menggugah minat konsumen. Sajikan headling yang menarik, buat deskripsi yang menarik, sertakan berbagai spesifikasi, serta sediakan gambar produk yang cukup mewakili. Pastikan semua data sesuai dengan kondisi nyata, termasuk ongkos kirim dan pilihannya.

2. Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Kebanyakan marketplace berhubungan dengan konsumen secara langsung. Dengan kata lain, pihak marketplace lah yang mengatur hubungan dengan konsumen, bukan Anda sendiri. Maka sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap toko Anda. Pastikan Anda memenuhi apa pun yang Anda janjikan kepada konsumen.

Marketplace yang terpercaya biasanya tidak memberikan toleransi terhadap keterlambatan merespon konsumen, maka jangan pernah sekali-kali mengabaikan email dari konsumen.

3. Manfaatkan iklan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Ada banyak program pengiklanan online yang bisa meningkatkan visibilitas Anda, seperti Google Product Listing Ad. Cara kerjanya adalah dengan mengikutsertakan produk atau layanan Anda setiap kali orang mencari suatu kata kunci.

Dengan banyaknya orang yang bisa dicapai dengan cara ini, layanan periklanan ini tentunya sangat menggiurkan untuk meningkatkan visibilitas dan tentunya meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Marketplace untuk Penjual dan Pembeli

4. Tentukan harga yang sesuai.

Harga yang ada di marketplace bisa dibilang sangat dinamis sehingga tidak bisa diprediksi. Untuk hampir semua produk yang dibuat secara massal, Anda bisa melihat harga berubah sepanjang hari. Karena itulah, pastikan harga yang Anda tawarkan menjadi yang terendah – atau paling tidak mendekati itu – untuk memastikan pelanggan memilih untuk membeli produk Anda.

Ada beberapa alat monitor harga yang tersedia seperti ChannelAdvisor, Monsoon Commerce, WisePricer, dan Channel IQ. Menggunakannya akan membantu Anda memonitor harga produk berdasarkan apa yang ditawarkan oleh para pesaing, bahkan bisa membantu menyesuaikan harga sesuai dengan standar yang Anda tetapkan. Namun, jangan terlalu drastis dalam menurunkan harga karena bisa berdampak buruk bagi keuntungan secara keseluruhan.

5. Jual produk yang tepat.

Pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan sesuai dengan selera pembeli di marketplace. Sebagai contoh, jangan memasukkan semua produk yang Anda tawarkan di satu marketplace. Ketahui bahwa beberapa produk yang terjual dengan baik di toko fisik Anda mungkin saja tidak begitu laku di marketplace. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menawarkan produk unik khusus untuk pembelian di marketplace.

6. Pastikan ketersediaan barang.

Jika Anda menawarkan barang Anda di beberapa situs marketplace, pastikan semua stok barang di inventaris dikelola dengan benar. Hal ini bisa menjadi menantang jika tidak terbiasa melakukannya.

Namun, saat ini ada sistem manajemen inventaris yang akan sangat membantu. Anda pastinya tidak mau menerima terlalu banyak pesanan yang melebihi stok barang sehingga harus membatalkan pesanan beberapa pelanggan. Jika hal ini terjadi, pelanggan tentunya akan kecewa dan kepercayaan mereka akan menurun.

7. Buat promosi yang menarik.

Kebanyakan situs marketplace memberi kesempatan untuk membuat media promosi. Beberapa contoh promosi yang akan menarik lebih banyak pelanggan adalah menawarkan promosi khusus untuk barang tertentu selama masa liburan. Anda juga bisa menawarkan gratis ongkos kirim atau pengiriman yang lebih cepat. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan bonus untuk pembelian produk tertentu.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print